NEWS UPDATE :  

Berita

PERJUSA PELANTIKAN PENGGALANG RAMU PANGKALAN MTs N 3 TEGAL 2019

Lebaksiu – Mengawali tahun ajaran baru, MTs Negeri 3 Tegal mengadakan serangkaian kegiatan khusus untuk peserta didik baru. Dimulai pada hari Sabtu tanggal 13 Juli 2019, Siswa baru masuk untuk mendapatkan pembekalan kegiatan MPLM (Masa Pengenalan Lingkungan Madrasah) dan PERJUSA (Perkemahan Jum’at Sabtu).

Hari Senin sampai dengan Rabu (15-17 Juli 2019) Kegiatan MPLM sudah berlangsung. Salah satu kegiatan pramuka yang menyenangkan adalah kemah. Kemah sering dilaksanakan pada hari Jum’at dan Sabtu (PERJUSA).

Upacara pembukaan pada hari Jum’at 19 Juli 2019, pada pukul 13.30 WIB bertempat halaman MTs Negeri 3 Tegal dengan pembina Kamabigus Kak Dra. Hj. Siti Fasikha, MM. Dalam amanahnya, Kamabigus berpesan agar para peserta Perjusa dan DP berhati-hati, tidak sembarangan membuat perapian atau pembakaran. Hal ini karena musim kemarau api mudah terbakar. Jangan sampai terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Kamabigus juga berpesan supaya peserta Persami mengikuti anjuran dan mengikuti semua materi yang diberikan kakak pembina dan kakak DP.

Materi kepramukaan merupakan pelajaran yang sangat berharga sebagai bekal dalam kehidupan. Kesepuluh Dasa Dharma Pramuka jika benar-benar dilaksanakan akan menjadi manusia yang sempurna.

Kegiatan selanjutnya setelah upacara pembukaan adalah persiapan tempat untuk bermalam yang menggunakan ruang kelas dilanjutkan sholat ashar berjamaah. Selepas Sholat berjamaah dilanjutkan dengan Wide Game yang dipandu oleh Kak Rasul dan Kak Iin. Wide game ini sebagai sarana untuk saling mengenal antar siswa dan bergembira.

Selepas Sholat Maghrib, tahlil, dan Doa bersama siswa-siswi duduk bersama di halaman MTs N 3 Tegal di dampingi Dewan Pendamping untuk menyantap makan malam bersama dengan tertib dan setelahnya bungkus makanan di buang ditempat yang disediakan.

Selepas Sholat Isya’, tahlil, dan Doa bersama siswa-siswi berkumpul kembali di halaman MTs N 3 Tegal untuk melaksanakan upacara api unggun. Upacara dipimpin oleh Kamabigus Kak Dra. Hj. Siti Fasikha, MM., Dalam sambutannya, beliau menghimbau kepada siswa-siswi untuk mengamalkan Dasa Dharma Pramuka selalu bersikap jujur dan ksatria,

Selepas upacara api unggun dilanjutkan dengan pentas seni yang menampilkan krteativitas siswa-siswi baru MTs Negeri 3 Tegal. Dari penampilan siswa-siswi ini maka kelihatan anak-anak yang mempunyai potensi dan siap untuk dikembangkan. Sayang acara pentas seni ini hanya dibatasi sampai dengan pukul 22.30 wib. Pada pukul 22.30 s.d. 23.00 wib dilanjutkan dengan uji SKU.

Setelah istirahat malam diruang kelas siswa-siswi dibangunkan untuk melaksanakan sholat malam dan renungan malam, dilanjutkan dengan sholat shubuh berjamaah, tahlil, dan do’a. Pukul 05.00 wib anak-anak diajak untuk bersih-bersih ruang kelas dan halaman Madrasah.

Pukul 06.00 wib siswa-siswi berkumpul kembali dihalaman Madrasah untuk makan pagi bersama didampingi dewan penggalang. Setelah membersihkan sisa bungkus makanan dan dibuang di tempat sampah anak-anak bersiap untuk melakukan Tadabur Alam yang dipandu oleh Kak Sentot diikuti oleh dewan pendamping dan pembina.

Tadabur Alam ini dimaksudkan siswa-siswi mengenal lingkungan sekitar Madrasah, dengan berjalan kaki bersama menyusuri jalan, jembatan dan menaiki bukit menuju lapangan tembak brigrif yang terletak desebalah utara bukit sitanjung.

Sesampainya di hamparan padang rumput lapangan tembak, anak-anak diajak untuk bermain bersama sambil menikmati pemandangan alam yang indah, dengan bukit-bukit yang tampak gersang di musim panas ini.

Anak-anak masih tampak bergembira dan bersemangat mengikuti kegiatan Perjusa kali ini, tapi sayang perjumpaan perjusa ini juga harus diakhiri dengan penutupan kegiatan pada pukul 11.00 wib. Dalam upacara penutupan ini siswa-siswi dilantik dan disyahkan menjadi anggota Penggalang Ramu Gudep 149/150 Pangkalan MTs Negeri 3 Tegal. Sayonara.*(mhs-yds)

Kirim Pesan